Belajar Asyik di Jendela Alam

 

Bandung Barat - Kamis (16/11/23) merupakan hari yang berbeda bagi peserta didik kelas 1 dan 2 SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan (SD ASBP). Mereka terlihat sangat antusias dan bersemangat untuk pergi ke sekolah. Ternyata hal ini dikarenakan oleh kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan di luar lingkungan sekolah. Hari ini adalah waktu pelaksanaan kegiatan fieldtrip.  adalah saat pertama kali dimulai kembali kegiatan fieldtrip yang terputus pada semenjak tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19.

Kegiatan fieldtrip kali ini dilaksanakan di Jendela Alam, Lembang dengan jumlah peserta 165 peserta didik. Asep Dadang selaku Kepala SD ASBP menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. Kegiatannya dirancang untuk mengembangkan kecakapan hidup, menumbuhkan keberanian,  dan menghubungkan pengetahuan di dalam kelas dengan penerapan di lapangan.

 

“Kegiatan ini merupakan salah satu pengalaman berharga untuk peserta didik kami dimana mereka dapat mengembangkan potensi, melihat penerapan suatu konsep; dan mempraktikkan secara langsung ilmu yang  mereka dapatkan di kelas”, ungkap Asep Dadang.



Beberapa kegiatan telah disiapkan untuk mencapai tujuan diatas di antaranya memanen telur, membuat minuman cincau, Flying fox, dsb. Risma, selaku ketua panitia kelas 1 dan 2, mengungkapkan bahwa kegiatan Fieldtrip ini mengajak peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar dan juga memberikan kesenangan dalam belajar.


“Setiap kegiatan yang dilakukan anak-anak mempunyai penekanan yang berbeda. Misalnya kegiatan membuat minuman cincau. Selain mengajarkan perubahan wujud juga mengedukasi anak-anak mengenai minuman tradisional yang berkhasiat dan baik untuk tubuh. Wahana flying fox mengajarkan keberanian, kemandirian dan juga menumbuhkan kepercayaan pada diri anak, dan sebagainya” pungkas Risma.