Bandung Barat - TA-TK Al Azhar Syifa Budi Parahyangan menggelar Festival Budaya Nusantara dengan tema "Aku Cinta Indonesia" pada Rabu, 13 Desember 2023. Festival ini menjadi wadah untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap tanah air yang menghadirkan beragam pertunjukan seperti Angklung, Tarian Ondel-ondel, Kaulinan Barudak, Tarian Medley Nusantara, Pencak Silat, dan penyanyian lagu "Aku Indonesia."

Sejak perintisannya, TA-TK Al Azhar Syifa Budi Parahyangan telah memandang penting untuk melestarikan budaya Nusantara. Festival Budaya menjadi salah satu inisiatif sekolah dalam menyelenggarakan pengenalan keanekaragaman budaya mulai dari lagu, tarian, pakaian, bahasa hingga segala aspek kebudayaan.

Hal terpenting dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu implementasi dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka yang memiliki empat prinsip penting, di antaranya, holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif.

Memberikan pula motivasi melalui penampilan dan apresiasi kepada seluruh peserta didik agar tercipta suasana yang sesuai dengan misi sekolah yaitu mencetak generasi sehat, cerdas, ceria dan berakhlaq mulia yang mencintai tanah airnya.

Koordinator Kegiatan Festival Budaya Nusantara, Mira Rahayu Milasari, berharap bahwa kegiatan ini siswa lebih mengenal dan mencintai kebudayaan Indonesia serta dapat mengembangkan potensi dan aspek-aspek perkembangannya, seperti berani dan percaya diri untuk tampil di depan umum, mengikuti gerak dan lagu yang mengembangkan motorik dan fokus atau konsentrasinya serta membuat anak anak semakin bahagia atas apa yang telah dicapainya setelah bekerja keras berlatih hingga akhirnya dapat tampil disaksikan oleh orang tua dan semua pihak.