Field trip Kelas VII SMP ASBP ke Puspa IPTEK Sundial dan Wahoo Water World Kota Baru Parahyangan

Berita Field Trip ASBP 15 November, 2023 |  0



 

Bandung Barat (9/11),  Pada tiap tahun ajaran, dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang lebih aktif serta interaktif, maka secara rutin SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan mengadakan kegiatan belajar di luar ruang kelas, salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan Field Trip. Pada Field Trip kali ini SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan membidik Puspa IPTEK Sundial dan Wahoo Water world sebagai lokasi  yang akan dituju.Ya seiring dengan semakin tingginya minat dan kepedulian masyarakat terhadap dunia sains dan teknologi, maka Puspa IPTEK Sundial dibidik sebagai lokasi field trip dengan tujuan untuk menambah wawasan serta pengetahuan bagi ananda kelas VII dalam mempelajari alat peraga yang berkaitan erat dengan sains dan teknologi. Sedangkan Wahoo Water world, wahana wisata air yang diklaim merupakan wahana wisata air terbesar di Asia Tenggara ini dipilih sebagai destinasi akhir yang diharapkan membuat ananda dapat melepas penat dan bermain dengan riang.

Kegiatan Field Trip kelas VII ini diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 9 November 2023. Ananda sudah hadir mulai pukul 06.30 WIB lengkap dengan segala peralatan yang sudah mereka persiapkan. Setelah itu ananda dibariskan di Amphitheatre guna melaksanakan ikrar dan juga melaksanakan briefing final kegiatan yang akan dilaksanakan, tak lupa juga dalam hal ini Yanda Nanang Iskandar, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan menyampaikan pesan serta kiat-kiat agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar, lalu Ananda pun berbaris dengan rapi sesuai dengan daftar kelompok yang telah ditentukan, salah satu anggota kelompok mengambil video persiapan keberangkatan yang merupakan salah satu unsur dari tugas mereka kala itu yaitu membuat vlog.

Selanjutnya tepat pada pukul 08.30 WIB ananda sudah bergegas menuju ke bis masing-masing, yang sudah disiapkan sekolah sebanyak 2 (dua) unit bis, satu bis untuk ananda boys dan satu bis untuk ananda girls. Sesampainya di bis, tentulah ananda dipandu oleh yanda dan bunda agar memanjatkan doa terlebih dahulu, lalu melaksanakan muroja’ah QS Al Baqarah bersama di dalam bis yang melaju menuju lokasi.

 

Pada pukul 08.45 WIB akhirnya tibalah rombongan bis SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan di parkiran Puspa IPTEK Sundial Kota Baru Parahyangan, Di sana rombongan field trip disambut oleh tim pemandu dari Puspa IPTEK Sundial. Ananda kembali dibariskan untuk berfoto bersama sejenak, selanjutnya pada pukul 09.00 Ananda mulai mengikuti kegiatan pertama yaitu workshop eksperimen SAINS membuat powered jet boat. Kakak pemandu pun terlihat interaktif  dalam menjelaskan langkah-langkah eksperimen di aula sundial sehingga membuat ananda yang telah duduk secara berkelompok tampak riang dan bersemangat dalam mengerjakan projeknya. Saat eksperimen mereka berhasil, powered jet boat yang mereka buat melaju dengan tenaga air dan bubuk asam di dalam kolam buatan yang telah disediakan, suasana pun semakin ramai oleh sorak sorai ananda yang begitu excited. Kegiatan workshop pun berakhir, ananda melanjutkan melakukan kegiatan eksplorasi alat peraga yang berada di sana. Secara berkelompok, mereka melakukan praktikum alat peraga pilihan yang telah ditentukan, beberapa anggota kelompok direkam ketika memeragakan alat, dan beberapa anggota lainnya pun direkam ketika mendeskripsikan cara kerja alat tersebut serta mengaitkannya dengan SAINS, rekaman-rekaman tersebut juga sebagai aspek pemenuhan tugas pembuatan Vlog yang berkaitan dengan praktik pembelajaran teks deskripsi Bahasa Indonesia. Bagaimana? kegiatan ini sangat interaktif dan berintegrasi satu sama lain bukan?

Kegiatan di Puspa IPTEK Sundial diakhiri dengan beberapa ananda yang mencoba wahana human gyroscope, yaitu wahana cincin gimbal besar yang bisa memutar badan manusia sebesar 360 derajat dengan kecepatan yang cukup kencang, ananda pun terlihat senang bercampur tegang ketika mencoba wahana tersebut.

Tidak terasa selama 3 jam ananda telah mengeksplorasi berbagai kegiatan di Puspa IPTEK Sundial, maka ananda pun bergegas untuk dibariskan kembali, dipastikan keberadaannya, lalu rombongan pun kembali ke bis dengan tertib. Saat sampai di bis, ananda pun diinstruksikan untuk duduk di bangku masing-masing agar dapat menikmati makan siang yang sudah disiapkan oleh sekolah, ketika ananda sudah dipastikan menghabiskan makan siangnya barulah setelah itu bis kembali melaju menuju destinasi selanjutnya yaitu Wahoo Water World pada pukul 12.00. 

 

Wahoo Water World menjadi destinasi final yang sangat ditunggu-tunggu oleh ananda. namun dengan tujuan tetap mengutamakan nilai spiritual serta kesabaran pada ananda, sesampainya di lokasi yaitu pada pukul 12.15 ananda dibagi ke dalam dua kloter yaitu kloter yang melakukan shalat zuhur terlebih dahulu dan kloter yang melakukan pengisian saldo gelang elektronik sebagai alat transaksi di Wahoo, hal tersebut dilakukan secara bergantian, dan terbukti waktu kegiatan pun menjadi lebih efektif dan semakin bermakna. Setelah dua proses tersebut selesai dilalui, barulah ananda dipersilakan untuk mengeksplor semua wahana air yang ada di lokasi. beberapa ananda terlihat ada yang menaiki wahana abyss giant water slide, superbowl waterslide, coaster water slide, boomerang water slide, ocean pool, dan wahana menarik lainnya. Saat waktu menunjukan pukul 15.00 yanda dan bunda guru sudah melakukan swiping area, yaitu menginstruksikan ananda untuk segera bersiap mandi, melaksanakan shalat ashar dan bersiap untuk pulang. Setelah semua ananda selesai shalat dan mandi, mereka pun berfoto bersama sejenak di depan perahu besar yang merupakan icon dari pintu masuk Wahoo Water World, lalu setelahnya ananda bergegas kembali ke bis dan tepat pada pukul 16.00 rombongan pun sampai di sekolah dengan selamat. (Kontributor: Putri Hanandra)


 

Untuk melihat album foto klik link berikut :

https://drive.google.com/drive/folders/12bWBSsNIh-XauXHqo_1E9aRpPFR-sw