Field Trip SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Produk dalam Negeri

Berita Field Trip ASBP 16 November 2023



Bandung Barat - Wajah-wajah sumringah dan antusias terlihat jelas di wajah para siswa kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan pagi itu (8/11). Hal itu karena hari yang mereka tunggu-tunggu untuk melaksanakan kegiatan field trip telah tiba. Tahun ini yang menjadi tujuan field trip adalah PT Eksonindo Multi Product Indonesia dan Wahoo Waterworld.

Tujuan dari kunjungan industri ini adalah memberikan sebanyak-banyaknya pengalaman dan informasi bagi siswa mengenai perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, menggugah jiwa entreprener siswa, menghayati pola kerja sama dan ketekunan dalam bekerja, serta membuat siswa semakin melek teknologi.

Kunjungan ke PT Eksonindo Multi Product Indonesia yang beralamat di Jalan Terusan Kopo-Soreang, Cilampeni, Kec. Katapang, Kab. Bandung, Jawa Barat, telah memberikan banyak pengalaman dan informasi bagi para siswa. Mereka berkesempatan langsung untuk melihat produksi tas dan garmen dengan merk yang sangat familiar di kalangan siswa sekolah dan guru-guru, yaitu Eiger, Body Pack, dan Export.

 

Para siswa dibuat antusias saat mendengar penjelasan mengenai cara kerja mesin-mesin berteknologi modern dari para staf yang ramah. Mulai dari mesin pemotongan kain, hingga mesin bordir yang tidak lagi manual, tetapi sudah menggunakan mesin berteknologi tinggi yang terhubung dengan komputer.

Spanduk bertuliskan “Saya kerja, saya ibadah” dan “Mutu harga mati, mati harga mutu” terpampang jelas di setiap ruangan produksi. “Keren sekali jargonnya,” ungkap salah seorang guru pendamping. “Kami memang mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan. Kami berharap anak-anak dari SMP Al Azhar SBP khususnya dapat mencintai dan menggunakan produk lokal buatan negara sendiri, seperti barang-barang produksi perusahaan kami,” ucap Indryati, Production Planning and Inventory Control Manager PT Eksonindo MPI.

Selesai berkeliling pabrik, para siswa berkesempatan untuk memasuki aula untuk melakukan tanya jawab dengan para staf. Para siswa begitu antusias dan berebut untuk bertanya. Mereka bertanya seputar pengolahan limbah, proses ekspor, dan cara pemasaran produk. Siswa yang terpilih dengan pertanyaan berkualitasnya, masing-masing diberikan penghargaan berupa satu tas merek Eiger, Body Pack, atau Export.

Selesai berkeliling di PT Eksonindo MPI, para siswa melanjutkan perjalanan ke Wahoo Waterwold dengan melaksanakan makan siang dan salat Zuhur terlebih dahulu di Rest Area KM 125. Karena musola kosong, para siswa berkesempatan salat berjamaah dan dilanjutkan dengan membaca doa bersama sesuai kebiasaan di sekolah.

 


Pukul 12.30 rombongan kelas VIII SMP Al Azhar SBP tiba di Wahoo Waterworld. Cuaca yang tidak begitu panas sangat mendukung aktivitas para siswa di waterboom dengan seluncuran air pertama dan tercepat di Asia Tenggara ini. Dengan menggunakan pakaian berenang yang menutup aurat, para siswa asyik berenang, bermain air, dan menguji adrenalin dengan wahana-wahana yang disediakan di Wahoo Waterworld. Di antaranya RocketBLAST, Super Bowl, Wave Pool, Boomerango, Abyss, dan The Caterpillar yang menjadi favorit para siswa.

Pukul 15.30 para siswa selesai berganti baju dan melaksanakan salat Ashar di musala Wahoo Waterworld. Tepat pukul 16.00 bus berangkat kembali menuju sekolah, membawa para siswa dengan segudang ilmu, motivasi baru, dan kebahagiaan. (Kontributor: Nurmala. M.)