Bandung Barat - SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan gelar Festival Budaya 2023 di kampus SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan Kabupaten Bandung Barat, Selasa 19 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh  peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Tema kegiatan ini yaitu "Harmoni Budaya dalam Kebhinekaan". Adapun tujuan yang hendak dicapai yaitu memperkenalkan dan merayakan keberagaman budaya, menghargai berbagai tradisi budaya, mempromosikan persatuan dalam keberagaman, serta menumbuhkan semangat berkreasi. Hal ini diungkapan Kepala Sekolah SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, Asep Dadang (Selasa, 19/12).

Festival ini menampilkan berbagai tarian dan nyanyian nusantara seperti Manuk Dadali, Yamko Rambe Yamko, Tari Indang, Tari Piring, Tari Tortor, Gundul-Gundul Pacul, Tari Cakalele, Tari Orlapei, Tari Saureka, dan lain-lain. Tak hanya penampilan di atas panggung, kegiatan Festival Budaya 2023 pun diramaikan dengan kegiatan pameran kebudayaan. Dalam kegiatan tersebut, peserta didik menunjukkan berbagai karya atau produk proyek mereka selama proses belajar di kelas mulai dari rumah adat, makanan tradisional, pakaian daerah, senjata tradisional, dan upacara adat. Bahkan, pengunjung memiliki kesempatan untuk mendapatkan makanan gratis dengan menjawab pertanyaan di setiap stand.

“Kegiatan ini bisa kami ikuti dan terselenggara dengan baik karena kami mempersiapkannya lebih dari dua bulan. Seru sekali, ternyata adik kelas dan teman-teman dapat tampil dengan maksimal dan penampilanya membuat tamu undangan bahagia. Kami juga merasa senang karena penampilan kami dapat disaksikan oleh Ayah dan Bunda kami secara langsung.” Ujar Shaira Setia Putri salah satu peserta didik yang mengikuti kegiatan Festival Budaya.

Respon atau tanggapan orang tua murid yang berkesempatan hadir menyaksikan putra-putrinya tampil demikian percaya diri di atas pentas festival budaya 2023 terlihat sangat positif. Gemuruh tepuk tangan dan senyuman mereka adalah salah satu buktinya. Mereka tampak bahagia  mengapresiasi buah hatinya tampil. 

“Kegiatan ini sangat senang dan bangga sekali telah mengikuti acara festival budaya ini, anak-anak tampil dengan pakaian adat daerah tertentu yang bukan hanya sekedar memberikan sesuatu yang berbeda tetapi juga ada pesan yang disampaikan. Apresiasi juga untuk semua pameran yang menampilkan karya Ananda yang menggambarkan keanekaragaman budaya daerah tertentu. Kedepannya, saran terhadap pelaksanaan festival budaya dapat diadakan bazzar, dan pengaturan penonton yang lebih baik agar dapat menikmati sajian penampilan dengan maksimal.” ujar Shinto Watiningsih.

Selain antusiasme peserta, dukungan para guru, dukungan orang tua, kegiatan Festival Budaya 2023 dapat terselenggara dengan sangat baik karena adanya dukungan maksimal dari pihak sekolah serta pihak Yayasan AbdiNusa Parahyangan yang senantiasa menopang suksesnya kegiatan-kegiatan sekolah. Ketua pelaksana kegiatan, Firman Syamsul Rizal,mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga acara festival budaya dapat terlaksana.

Semoga kegiatan Festival Budaya 2023 yang baru saja digelar di SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, bisa membawa dampak positif bagi perkembangan pembelajaran terutama penanaman nilai-nilai karakter yang diharapkan, salah satunya mengenai harmoni budaya dan kebhinekaan. Amin.***(IO)