Sehari Bersama Siswa Kelas XI Al Azhar Syifa Budi Parahyangan (ASBP) Mengunjungi Industri Alat Kesehatan Hingga Menyaksikan Pagelaran Sastra

 

Bandung Barat - SMA ASBP. Siswa kelas XI SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan baru saja selesai melakukan kunjungan belajar ke industri alat kesehatan, Nu Art Sculpture Park, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada Rabu, 15 November 2023. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi program pengembangan minat dan bakat siswa SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan.

PT Sugih Instrumendo Abadi yang berlokasi di Padalarang, Kab. Bandung Barat menjadi kunjungan pertama para siswa SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan. Kami langsung disambut oleh Direktur Opersional PT Sugih Instrumendo Abadi, Uwes Furqon Syabana.

“Silakan ambil sebanyak-banyak pelajaran dari kunjungan ini, semoga bermanfaat untuk siswa di masa depan. Semoga kunjungan ini menjadi pengalaman berharga bagi siswa SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan” imbuhnya.

Kunjungan diawali dengan pengenalan profil perusahaan. Saat pengenalan profil perusahaan,  disampaikan informasi terkait profit, supply and demand.  Hal tersebut semakin menguatkan pemahaman para siswa terkait konsep supply and demand yang sudah mereka peroleh di kelas.

Kunjungan pun tak selesai sampai di sana. Para siswa melanjutkan dengan mengunjungi beberapa ruang perakitan alat kesehatan berupa tensimeter. Para siswa mendapat penjelasan mengenai proses pembuatan karet sintetis, latex, dan berakhir di ruang packing. Para siswa tampak antusias menyimak penjelasan dari kepala ruangan mengenai proses yang sedang berlangsung. Proses yang mereka amati sangat erat kaitannya dengan materi Fisika dan Kimia yang sudah mereka peroleh di kelas. Artinya, kunjungan tersebut semakin menggambarkan bentuk nyata dari konsep yang selama ini terasa abstrak.

Tepat pada pukul 11.00 WIB, kunjungan siswa SMA ASBP di PT Sugih Instrumendo Abadi selesai. Kunjungan dilanjutkan ke NuArt Sculpture Park yang berlokasi di Jalan Setra Duta Raya No. 6, Bandung.

NuArt Sculpture Park merupakan Art Galeri milik I Nyoman Nuarta. Beliau dikenal sebagai pembuat desain final bangunan istana negara di IKN Nusantara dan patung Garuda Wisnu Kencana yang menjadi salah satu destinasi wisata di Bali. Para siswa diberi kesempatan untuk mengeksplor karya seni berupa patung hasil karya Nyoman Nuarta. Selain itu, siswa pun diberi kesempatan untuk melukis di atas media kayu. Aktivis tersebut disambut dengan antusias oleh para siswa. Hal ini bermanfaat untuk siswa mengembangkan bakat di bidang seni rupa.

Kunjungan terakhir di hari Rabu (15/11) adalah mengunjungi Universitas Pendidikan Indonesia dengan tujuan menyaksikan pagelaran teater yang diadakan oleh salah satu UKM di kampus tersebut, Teater Lakon.

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para siswa karena pagelaran tersebut menjadi salah satu bahan ajar Drama yang sedang dipelajari di kelas Bahasa Indonesia. Pagelaran tersebut berlangsung selama 120 menit. Selama pagelaran berlangsung, para siswa menyaksikan dengan penuh kesungguhan. Pagelaran tersebut bertajuk Drastis, mengusung tema Humanisme Utopis. Sebuah penjelajahan ke masa depan yang menggambarkan manusia tak lagi memiliki kontibusi karena beragam elemen telah digantikan robot dan perangkat canggih yang menjadi adiktif bagi manusia.

Penampilan pemain di teater tersebut mampu menggugah rasa empati dan simpati para siswa. Selain itu, pertunjukkan ini pun menjadi berharga karena para siswa bisa membuktikan secara langsung konsep seni teater yang telah dijelaskan sebelumnya.

Penulis : Asriana Aisyah Amin, S.Pd

Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan