TABUR SEJUTA IKAN DI SITU CIBURUY

bg-h1Disdik KBB Apresiasi Sekolah Al-Azhar yang Gelar Tebar Sejuta Ikan di Situ Ciburuy

Kamis, 19 April 2018 15:22

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat mengapresiasi kegiatan tebar sejuta ikan untuk memperingati Hari Bumi 2018 yang dilakukan Sekolah Al-Azhar Sifa Budi Parahyangan di Situ Ciburuy, Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (19/4/2018).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Imam Santoso digelarnya kegiatan tebar sejuta ikan tersebut merupakan sebuah bentuk karya nyata dari sekolah Al-Azhar pada pelestarian alam, khususnya pelesatrian Situ Ciburuy.

“Saya kira ini sebuah karya anak bangsa dan sebuah kerja yang patut diapresiasi oleh kita semua dan pemerintah daerah,” ujar Imam Santoso saat ditemui di Situ Ciburuy, Kamis (19/4/2018).

Hal itu kata Imam, karena saat ini potensi ikan diperairan umum sudah sangat terbatas akibat adanya penangkapan ikan liar atau diluar ketentuan.

“Seperti penangkapan ikan menggunakan portas, listrik atau strum dan sebagainya, sehingga bisa mematikan potensi ikan yang akan berkembang,” katanya.

Sementara dengan adanya tebar sejuta ikan tersebut, kata Imam, sebagai bagian dari proses pelestarian ikan atau restocking ikan diperairan umum supaya ekosistemnya tetap bisa terjaga.

Untuk itu, pihaknya berharap, masayarakat sekitar bisa menjaga lingkungan khususnya ekosistem Situ Ciburuy dari berbagai macam sampah.

“Kemudian silahkan jika ingin menangkap ikan, tapi ikan yang memang sudah layak untuk ditangkap. Kalau ikan-ikan yang masih kecil itu jangan ditangkap,” katanya.

Ia mengatakan, jika masyarakat yang memancing, kemudian mendapatkan ikan yang masih kecil harus dilepaskan kembali karena ikan kecil tersebut kedepannya akan memberikan manfaat.

“Sehingga kelestarian Situ Ciburuy dengan cara seperti itu akan tetap terjaga,” katanya. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin

Editor: Dedy Herdiana

Sumber: Tribun Jabar