PROFIL SEKOLAH

SEKOLAH DASAR

Pengalaman belajar yang menyenangkan merupakan komponen penting untuk membentuk pembelajar sepanjang hayat. Pengalaman ini dibentuk melalui pengkondisian lingkungan belajar yang aktif, bermakna, kolaboratif, kreatif, dan menantang.

 

VISI

Menjadi lembaga pendidikan unggul guna membentuk pribadi kuat, inspiratif, saleh, mahir, ilmiah, dan santun.

 

MISI

Membina peserta didik berperilaku santun dan amanah berdasarkan nilai-nilai Islam.

Mengembangkan pola pikir logis, kritis, kreatif, dan ilmiah peserta didik

Meningkatkan kemahiran peserta didik dalam penguasaan bahasa internasional.

Mewujudkan peserta didik yang kuat jasmani dan rohani.


SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

SD AL AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN

 

Assalamualaikum w. w.

SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan menyediakan lingkungan belajar yang kuat dan inklusif dengan didukung berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesempatan belajar yang mempromosikan budaya berpikir, memenuhi gaya belajar individu, melibatkan dan memperluas wawasan peserta didik, kemampuan komunikasi internasional, mengembangkan kemandirian, ketahanan dan pembelajaran kolaboratif.

            Sebagai sekolah Islam, kami senantiasa berupaya menumbuhkan budaya dan etos yang menumbuhkan kesadaran akan Allah SWT (taqwa), pengembangan karakter moral (akhlaq) dan mengejar keunggulan (ihsan). Selain itu, kami percaya bahwa Allah SWT telah memberikan setiap peserta didik bakat unik. Tugas Pendidik adalah memberikan peserta didik bimbingan dan dukungan dalam perjalanan penemuan diri dan eksplorasi kekuatan mereka. Atas dasar itulah, kami:

  1. Mengembangkan pembelajar seumur hidup yang percaya diri;
  2. Mengenali dan memelihara bakat individu melalui komunikasi positif;
  3. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, mendukung, menantang dan ramah;
  4. Menumbuhkan kemampuan sosial-emosinal dan kerja sama dalam komunitas sekolah yang lebih luas; dan
  5. Menyediakan program akademik yang ketat untuk memastikan pengembangan di semua bidang pembelajaran.

Kami mengundang Yanda dan Bunda untuk menjadi bagian dari komunitas pembelajaran kami yang penuh iman, tempat setiap peserta didik diasuh secara holistik untuk mencapai potensi terbaik mereka. Dengan tujuan inilah, kami akan selalu memulai dengan “Bismillah arrahmaan arrahim (Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang” dan diakhiri dengan “Alhamdullilah (Segala Puji bagi Allah)”.

 

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Asep Dadang, M.Pd.

 

          Kepala Sekolah



SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Kurikulum khas Al Azhar Syifa Budi, dan Kurikulum Pearson Edexcel (Sains, Matematika, dan Bahasa Inggris). Kurikulum merdeka merupakan  transformasi kurikulum nasional dengan fokus pada pengembangan kemampuan kognitif, pemikiran kritis, kemampuan lliterasi dan numerasi, keterampilan analitis, dan pemecahan masalah.

Kurikulum khas Al Azhar Syifa Budi memberikan landasan dan arahan dalam pegembangan kompetensi keagamaan dan karakter peserta didik. Kami percaya bahwa kemampuan membaca, menghafal dan memahami Al-Qur’an serta hadits memiliki dampak besar terhadap kehidupan peserta didik. Dengan ini peserta didik akan mampu mengimplementasikan nilai-nilai akidah, ahlak, fiqih/ibadah, dan muamalah sekaligus membentuk karakter yang santun, disiplin, dan fisik yang kuat.

Implementasi kurikulum Pearson Edxcel menyempurnakan kemampuan peserta didik sehingga dapat memiliki daya saing global. Selain kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, kurikulum ini memfasilitasi pengembangan learning skills, leadership, dan manajerial. 

 

 

A.  Program dan Kegiatan

1.  Tahsin dan Tahfiz Al Qur’an

2.  Dhuha dan Praktik Ibadah

3.  Riyadhah Ramadhan

4.  Bakti Sosial

5.  Tabungan Kurban

6.  Peringatan hari besar Islam dan nasional

7.  Masa Persiapan Belajar (Khusus peserta didik kelas 1)

8.  Hayunyeni (Program keterampilan bermusik)

9.  Festival Budaya

10.  Life skills development

11.  Outing Class dan Integrated Learning Camp (ILC)

12.  Class Meeting (Pekan Olahraga)

B. Ekstrakurikuler

1.   Robotik

2.   Futsal

3.   Basket

4.   Pencak silat

5.   Panahan 

6.   Menggambar

7.   Angklung

8.   Piano

9.   Menari

10.   Science club

11.   Math club.