PROFIL SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS

 

Masa depan tidak akan diraih untuk ia yang ragu berproses dan berjuang. Bersama SMA ASBP, kita kuatkan bahu dan tangguhkan hati untuk berjuang meraih masa depan yang diidamkan.

 

VISI

Menjadi sekolah unggul, inspiratif, membentuk pribadi takwa, unggul, dan berkarakter.

 

MISI

Membina peserta didik agar bertakwa dan taat beribadah.

Membentuk karakter siswa yang unggul.

Membentuk pembelajar unggul dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan.

Mengambangkan sumber daya manusia yang profesional dan unggul.

Menjadikan ASBP menjadi sekolah unggu dlam sistem pendidikan dan menjadi contoh bagi sekolah lain.


SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

SMA AL AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN

 

Assalamu’alaikum w w

 

Segala puji bagi Allah pemberi rahmat seluruh alam. Teriring harapan semoga langkah kita membina generasi muda bangsa mendapat rahmat Allah S.W.T.

Saat ini, kita menghadapi dunia yang berkembang sangat pesat. Perubahan dalam berbagai bidang terjadi dalam waktu yang sangat cepat dan terkadang tidak dapat diprediksi. Kita juga telah memasuki era persaingan yang sangat ketat, tidak hanya di ranah lokal namun juga di tingkat global. Kita semua dituntut untuk siap beradaptasi dengan segala perubahan yang ada jika ingin tetap bertahan dan tidak tersisih. Ada 3 komponen yang perlu dikembangkan untuk siap menghadapi tantangan zaman ini, yaitu pemahaman akan fungsi dan peran diri sebagai hamba Tuhan yang Maha Kuasa, penguasaan pengetahuan dan keterampilan, serta karakter yang kuat. Oleh karena itu, dalam setiap program pembelajaran di SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan selalu mengacu pada ketiga komponen tersebut. Harapannya lulusan kami menjadi pribadi yang unggul, takwa dan berkarakter.

 

Ali Bin Abi Thalib pernah berkata : “Didiklah anakmu sesuai zamannya, karena mereka akan hidup pada zamannya bukan zamanmu”. Kalimat tersebut adalah salah satu yang kami jadikan acuan dalam merumuskan pendidikan di SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan. Bahwa pendidikan bukan hanya sekedar memberikan rangkaian aktifitas di sekolah. Setiap program dan aktifitas sekolah harusnya sebagai upaya terencana untuk mempersiapkan  anak-anak dalam menghadapi tantangan dunianya.

 

Dalam proses pendidikan di sekolah, guru dan manajemen sekolah memegang peranan yang sangat penting. Oleh karenanya kami memilih dan mempersiapkan guru-guru yang penuh dedikasi dan terampil di bidangnya. Guru-guru yang dapat membersamai, membimbing serta membina anak-anak dalam proses belajarnya. Kami menciptakan lingkungan belajar yang nyaman agar setiap anak mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan minat, bakat serta karakteristiknya. Sekolah kami juga dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana belajar yang dapat mengakomodasi kebutuhan belajaran anak-anak.

 

TERBAIK SEJAK AWAL. Mari bersama membangun impian dan masa depan.

Wassalamu’alaikum w w

 

ANA AGUSTINA IHSANI, S.Si., M.Si.P.

Kepala Sekolah



SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan mengimplementasikan kurikulum Merdeka yang diintergrasikan dengan kurikulum khas Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, yaitu penekanan pada aspek Spiritual dan pemahaman Al Qur’an, persiapan ke jenjang selanjutnya, Penguatan keterampilan berbahasa Inggris dan Penguasaan Soft Skill.

 

Kurikulum Merdeka berfokus pada pendalaman materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Pemilihan materi esensi di SMA ASBP mempertimbangkan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan peserta didik di jenjang selanjutnya. Proses pembelajaran diarahkan untuk dapat mengembangkan minat dan bakat peserta didik serta mengambangkan kemampuan kognitif, berfikir kritis, kemampuan literasi dan numerasi, keterampilan analitis, serta pemecahan masalah.

 

Sekolah mengondisikan peserta didik menjadi pembaca dan penghapal Al-quran yang baik. Kemampuan membaca serta hafalan Al-quran yang baik membentuk karakter Qurani pada peserta didik sehingga mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu : akidah, akhlak, fiqih dan muamalah.

 

Kompetensi dan kecakapan berbahasa Inggris menjadi salah satu aspek yang dikembangkan di SMA ASBP untuk membekali peserta didik agar dapat bersaing di tingkat global. Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA ASBP mengintergrasikan Capaian

 

Pembelajaran di Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Pearson Edexcel.

 

Peserta didik yang mempunyai karakter serta kecakapan hidup yang baik merupakan aspek berikutnya dalam penerapan kurikulum di SMA Al Azhar Syifa Budi Parahyangan. Pembentukan karakter serta kecakapan hidup ini didukung dengan kekuatan fisik dan motorik yang tangguh serta penguasaan terkait keterampilan abad