PROFIL SEKOLAH

SEKOLAH MENGAH PERTAMA

 

SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan memberikan pendidikan dan pengalaman belajar yang bermakna. Peserta didik mendapatkan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan berpikir dan belajar dalam rangkaian kegiatan sekolah yang penuh energi, dinamis dan menyenangkan.

 

 

VISI

Menjadikan sekolah yang memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan hidup, dan pengembangan potensi fisik dan psikis.

MISI

  1. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan kontekstual
  2. Melatih peserta didik memiliki keterampilan berfikir, belajar, dan hidup
  3. Meningkatkan potensi fisik, dan motorik peserta didik
  4. Meningkatkan potensi psikis peserta didik di wilayah kecerdasan, potensi belajar, sosial dan emosional peserta didik


SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

SMP AL AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN

 

Assalamualaikum w.w.

Kami awali sajian informasi ini dengan kalimat, “Seluruh puja dan puji hanya milik Allah Swt. dan kemuliaan serta kehormatan senantiasa bagi Rasulullah, Muhammad Saw.”

“Muliakanlah anak-anak kalian dan perbaikilah pendidikan mereka.” (HR Ibnu Majah). Kutipan pernyataan tersebut diambil dari ungkapan penuh makna yang disampaikan oleh sang maha guru, guru dari semua guru, Nabi Allah, Muhammad Saw. adalah kewajiban dan pilihan mutlak bagi kita untuk mempercayai, meyakini, mengikuti serta menjalankan semua arahan darinya karena beliau, secara benar dan meyakinkan, telah menjadi bukti sebagai manusia yang paling sempurna dalam penyelenggaraan pendidikan bagi para sahabat dan seluruh umatnya.

SMP Al Azhar Syifa budi Parahyangan, dari awal kehadirannya, telah berupaya mematuhi dan memenuhi nilai dari amanat Rasulullah Saw. tersebut. Sekolah berjuang dengan sungguh-sungguh menyelenggaraan pendidikan yang memuliakan peserta didik dengan memberikan mereka pendidikan dan pengajaran yang dapat menjadi bekal hidup bagi mereka di masa sekarang dan yang akan datang. Penyelenggaraan pendidikan tersebut dirangkum dalam sebuah frasa, “A School Equipping and Increasing Learners Potential”.

Secara lebih rinci, frasa tersebut di atas dijelaskan dalam paparan berikut.

A. SMP Al Azhar SBP menyelenggarakan pendidikan untuk menciptakan dua hal besar pada peserta didik.


1. Beragama Islam dengan baik. Peserta didik dibekali nilai tauhid, akhlak mulia, literasi sejarah Islam, peribadatan dan muamalah Islamiah melalui nilai-nilai yang tercantum dalam Al-Qur'an. Untuk mencapai tujuan ini, sekolah mendorong peserta didik untuk menjadi para penghafal dan pengkaji Al-Qur'an.
2. Mempunyai kemampuan akademik yang baik. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik menjadi pembelajar yang mampu dan siap untuk terus melanjutkan proses pendidikan ke jenjang selanjutnya, bahkan, jika memakai istilah reflective learners, peserta didik dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat.


B. SMP Al Azhar SBP mewujudkan target poin A dengan mengemas prosedur dan mekanisme proses pendidikan yang memberikan:

  1. bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan berwujud wawasan keilmuan kontekstual lengkap dengan keterampilan berpikir dan belajarnya.
  2. peningkatan potensi fisik dan psikis peserta didik. Untuk fisik, sekolah berkonsentrasi pada peningkatan kekuatan otot, koordinasi otak dan anggota tubuh lainnya serta keseimbangan seluruh komponen tubuh. Untuk urusan psikis, sekolah menitikberatkan upaya peningkatan kemampuan berpikir, memotivasi diri, bersemangat, bersabar, berkompromi, berkompetisi, berdaya juang dan berdedikasi untuk kepentingan dan manfaat yang lebih besar.

Seluruh upaya ini diharapkan dapat memberikan hasil yang baik, yaitu mengantarkan peserta didik menjadi generasi terbaik pemegang nilai agama dan pejuang ilmu pengetahuan hingga menghadirkan kebanggaan dan kebahagian bagi semua orang.

 

Sekian sambutan ini disampaikan. Terima Kasih.

Wassalamualaikum w.w.

Kepala SMP Al Azhar SBP


Nanang Iskandar Sulaiman


 

SMP Al Azhar SBP menerapkan kurikulum nasional dan kekhasan satuan pendidikan. Secara umum, gambaran tentang kurikulum yang dimaksud ialah sebagai berikut.

 

A. Kurikulum Nasional

Sekolah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pada bagian P5, sekolah memfasilitasi peserta didik memilki karakter yang baik dengan membekali diri mereka dengan keterampilan-keterampilan yang bersifat aplikatif, siap guna dan kekinian. 

 

B.  Kurikulum Kekhasan Satuan Pendidikan

 

1.  Attartilu Alqurani (kurikulum khusus keagamaan SMP ASBP)

Sekolah memfasilitasi peserta didik menjadi pembaca dan penghapal Al-Qur’an yang baik. Kondisi ini dimaksudkan agar peserta didik memilki jiwa yang Qurani sehingga mereka memiliki Tauhid yang kuat, akhlak yang mulia, pemahaman fiqh yang dalam, pelaksanaan ibadah ang konsisten, serta muamalah yang sehat dan memberikan manfaat bagi yang lain.

 

Dalam hal amar ma’ruf nahyi munkar, sekolah menyajikan program muahdloroh. Melalui program ini, peserta didik dibekali kemampuan berbicara dan berdakwah menyampaikan nilai nilai kebaikan dalam tiga bahasa, Bahasa Indoesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

 

2.  Pearson Edexcel

Khusus untuk mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Inggris, sekolah menggunakan kurikulum Pearson Edexcel. Kurikulum ini dipakai sebagai alat penyelenggaraan pendidikan yang memfasilitasi anak berkemampuan belajar lengkap. Mereka digiring pada kondisi mampu berfikir dengan sistematis, menguasai persoalan dengan komprehensif dari hulu ke hilirnya, serta memiliki kecerdasan yang baik hingga mampu menyelesaikan setiap masalah dan tantangan yang dihadapi. Pada kemampuan berkomunikasi, kurikulum ini menyajikan cara-cara yang mendorong peserta didik cakap berbahasa Inggris dengan level kemampuan yang tinggi.