PROFIL SEKOLAH

PLAYGROUP (TAMAN AZHAR)

DAN TAMAN KANAK-KANAK

 

Playgroup (Taman Azhar) dan Taman Kanak-Kanak Al Azhar Syifa Budi Parahyangan merupakan lembaga pendidikan yang berkomitmen memberikan pelayanan yang berkualitas untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan anak usia dini.



Sekolah menerapkan pendidikan dengan kekhasan dan keunggulan yang dirancang untuk menanamkan pondasi nilai-nilai keagamaan dan keilmuan, menstimulasi keingintahuan akan diri & lingkungannya, menumbuhkan pola berpikir yang baik, dan menanamkan kecintaan & semangat belajar yang sesuai dengan kurikulum pendidikan usia dini melalui kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan.

 

VISI

Sehat, Cerdas, Ceria dan Berakhlak Mulia

 

MISI

Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mengptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal

Memberikan pondasi keilmuan dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna

Melaksanakan proses pembelajaran yang menguatkan nilai-nilai keagamaan berdasarkan Al Quran dan As Sunah


SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

PG-TK AL AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN

 

Alhamdulillah segala puji dan syukur kita panjatkan kehadiratan Allah SWT yang selalu memberikan kebaikan, keberkahan serta keselamatan. Dan semoga kita selalu mendapatkan syafaat menjadi umat Rosulullah Muhammad saw.

Kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di PG-TK Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, sekolahnya anak-anak SEHAT, CERDAS, CERIA dan BERAKHLAK MULIA.

TA dan TK Al Azhar Syifa Budi Parahyangan merupakan program pendidikan anak usia dini sebagai jembatan memberikan pondasi dan bekal kepada anak di masa GOLDEN AGE, dimana mereka mengalami peningkatan kecerdasan 80%, hal ini menunjukkan pentingnya upaya pengembangan seluruh potensi dan tugas pertumbuhan dan perkembangannya yang kami lakukan.

            PG-TK Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan membentuk integritas, karakter dan kepribadian cendikiawan muslim yang berakhlak mulia, memiliki keseimbangan dan keserasian antara individualistic (Fardiyah) dan scolastic (Jamaiyah), yang keduanya merupakan fitrah dan prinsip pada diri manusia berdasarkan tuntutan  Al Quran dan As Sunah dengan memperhatikan tingkat perkembangan anak.

PG-TK mengembangkan spiritualisasi pendidikan yang tertuang dalam program MUMTAZ SCHOOL, yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak, dengan memperhatikan, kebutuhan rasa aman dan nyaman, eksplorasi, mengembangkan minat, rasa ingin tahu serta karakteristik anak. Sistem kegiatan pembelajaran yang dikembangkan  mengintegrasikan antara kemampuan Budi Pekerti dan Nilai agama dan Moral, Jati Diri kemampuan sosial emosional, dan pengembangan STEAM yang lebih mengenalkan kepada pengembangan sains, tekhnologi, bahasa, kognitif,  fisik motorik dan seni, yang dilakukan dengan moving class.
Dengan Upaya dan ikhtiar ini semoga menjadi wujud nyata kita semua dalam mencapai cita-cita mulia  agar menjadi bekal dan amal sholeh bagi kita semuanya.

  

Sekian sambutan ini disampaikan. Terima Kasih.

Wassalamualaikum wr. wb

 

Kepala PG-TK Al Azhar SBP

Elis Wartini



TA-TK Al Azhar Syifa Budi Parahyangan menerapkan Kurikulum Nasional yang diperkaya dengan aspek-aspek kekhasan dan keunggulan sekolah Al Azhar Syifa Budi Parahyangan yang mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan dari Al Quran sebagai sumber ilmu dan kurikulum pertama dan utama yang harus dipelajari. Kemampuan membaca serta menghafalkan Al-quran akan membentuk karakter Qurani peserta didik sehingga diharapkan mereka mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu : akidah, akhlak, fiqih dan muamalah.

Kurikulum TA-TK Al Azhar Syifa Budi Parahyangan membentuk peserta didik yang mempunyai  karakter serta kecakapan hidup yang baik. Pembentukan karakter serta kecakapan hidup ini didukung dengan kekuatan fisik dan motorik yang tangguh serta pengetahuan terkait keterampilan abad-21 seperti kepemimpinan, manajerial, soft skill serta teknologi yang mutakhir.         

Dalam mempersiapkan kompetensi pembelajar kedepan yang harus bersaing di era keterbukaan global, sekolah juga menyerap Kurikulum Pearson Edexcel sebagai langkah nyata dalam mewujudkan peserta didik yang unggul secara akademik, mempunyai kemampuan literasi numerasi mumpuni serta siap menghadapi tantangan global.

 

Program :

 

1.    Membaca Al Quran Metode UMMI

2.    Tahfizh Al Quran

3.    Ramadhan Integrated Learning

4.    Tabungan Qurban

5.    Bakti Sosial

6.    Cooking Session

7.    Fieldtrip

8.    Happy Camp

9.    Festival Budaya

10. Peringatan Hari Besar Islam

11. Peringatan Hari Besar Nasional

 

Ekstrakurikuler


1. Angklung
2. Futsal
3. Menari
4. Robotik
5. Menggambar
6. Pencak Silat